Selasa, 02 Januari 2018

Bahaya Potassium Bromate Bagi Kesehatan

Potassium Bromate adalah zat kimia yang tak jarang dipakai dalam pembuatan roti. Tidak hanya ditemukan dalam pembuatan roti, potassium bromate juga tak jarang dipakai untuk produksi karet, busa serta plastik. Potassium Bromate mempunyai efek yang membahayakan bagi yang mengkonsumsinya. Berikut bakal saya berbagi pemakaian protassium bromate di Indonesia serta juga bahaya pemakaian potassium bromate tersebut.


Zat Pengembang
Di Indonesia, pembuatan roti diberi bahan kimia pengembang potassium bromate dalam jumlah tak sedikit, agar roti bisa mengembang menjadi besar dalam tempo yang singkat. Terus besar roti mengembang, maka roti bakal terus empuk serta besar.

Pada tahun 1950-an, membikin rti memerlukan waktu 1 hari, sedangkan kini roti bisa bisa jadi dalam waktu beberapa jam saja dengan diberi improver (pengembang roti), semacam potassium bromate. Roti yang memakai bahan pengembang ini tak sedikit juga disukai oleh orang Indonesia, sebab mereka lebih menyukai roti yang besar serta empuk.

Naifnya, tak jarangkali zat potassium bromate ini tak dicantumkan dalam label komposisi roti, tetapi disembunyikan sebagai enriched flour alias tepung yang telah diperkaya.

Jenis Pengayaan Tepung
Tepung terigu yang diperkaya dengan beberapa bahan lainya mempunyai beberapa jenis:

Self Raising Flour, tipe tepung terigu ini yang telah ditambahkan bahan pengembang serta garam. Penambahan ini menjadikan sifat tepung lebih stabil, serta tak butuh meningkatkankan pengembang lain dalam adonan.
Enriched Flour, tepung terigu yang diperkaya dengan beragam vitamin alias mineral dengan tujuan membenahi kualitas gizi. Biasanya harganya lebih mahal.
Whole Meal Flour, tepung ini biasanya dibangun dari biji gandum utuh, tergolong dedak serta lembaganya, jadi warna tepung lebih gelap alias krem.

Dari ketiga tipe tepung diatas, istilah “enriched flour” sewajibnya tak mempunyai efek begatif terhada tubuh, tetapi hendaknya berhati-hati dengan label yang tak cocok alias disalahgunakan.

Efek Samping
Efek sampin alias bahaya Potassium Bromate apabila dikonsumsi manusia adalah bisa memunculkan sel kanker (carcinogenic). Bahan kimia pengembang roti telah dilarang peredaran serta pemakaianya di beberapa negara, semacam China, Nigeria, Brazil, Peru, Sri Lanka, Kanada, serta Inggris. Sebab menyebabkan kanker, zat kimia beracun ini di negara barat dijuluki “The Silent Killer” alias sang pembunuh halus.

Terus tak sedikit Potassium Bromate yang ditaruh di dalam tepung, maka terus tak sedikit sisa toxin (racun) potassium bromate yang teringgal di dalam roti  yang dikonsumsi manusia, jadi terus besar penumpukkan toxin ini di dalam tubuh.

Selain kanker, potassium bromate juga membikin beberapa macam persoalan, seperi penyakit mental, depresi, tuli, penurunan kinerja organ jantung serta organ seks, dll.

0 komentar:

Posting Komentar